Selasa, 25 Februari 2014

Setelah 1 tahun absen, Kongres KM Jurusan PGSD Unnes akhirnya diselenggarakan






Semarang (25/2) – Resmilah pengurus Himpunan Mahasiswa (Hima) 2014 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Universitas Negeri Semarang (Unnes) aktif mengabdi. Pagi hingga sore tadi (08-00 s/d 15.13 WIB) bertempat di Gedung Microteaching PGSD Ngaliyan lantai 2, kepengurusan Hima 2013 diserah terimakan pada pengurus baru yang diketuai Purwaka Yuliananto (semester 4). Kepengurusan baru telah resmi dilantik pada tingkat jurusan oleh Bapak Sukardi selaku Pendamping Kemahasiswaan.


“Saya merasa lega dan masih banyak cerita dan perjuangan, harapannya, sesuai dengan pasal 6 tentang asas kekeluargaan, Saya ingin membangun keluarga PGSD FIP Unnes yang utuh seperti sebuah tubuh yang bahu membahu membangun PGSD ini” demikian penuturan Purwaka Yuliananto atas dilantiknya pengurus Hima 2014.

Pelantikan dilanjutkan dengan Kongres Keluarga Mahasiswa Jurusan (KKMJ) PGSD FIP Unnes yang diawali dengan laporan pertanggung jawaban Lembaga Kemahasiswaan dan Badan Otonom serta Unit Kegiatan Mahasiswa Pramuka Racana Wijaya. Laporan tersebut berisikan pertanggung jawaban kegiatan dan keuangan LK, BO, dan UKM selama tahun 2013 di hadapan mahasiswa. Organisasi-organisasi tersebut adalah Hima 2013, Forum Silaturahim Dakwah kampus (Firdaus) 2013, Korp Sukarela (KSR) 2013, dan Pramuka Racana Wijaya 2013. Pembacaan laporan tersebut berjalan mulus tanpa perdebatan.

Acara pagi itu dilanjutkan dengan membahas Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Hima untuk masa bakti 2014. Sidang dipimpin oleh Witri Sugiarto (Presidium 1 / pimpinan sidang), Pria Santosa (Presidium 2), dan Adi Wisnugroho (Presidium 3). Pembahasan AD/ART berlangsung cukup alot dan disertai perdebatan peserta sidang. Dari beberapa tinjauan mengenai Anggaran Rumah Tangga, salah satu pasal yang mengalami proses diskusi cukup panjang adalah ART Bab IV pasal 7 tentang pengurus Hima. Dalam pasal tersebut terdapat poin yang membahas syarat menjadi Ketua Hima wajib menjadi pengurus Lembaga Kemahasiswaan jurusan minimal 1 periode kepengurusan sebelumnya, dengan keputusan forum, sepakat atas poin tersebut. Selain pembahasan pasal-pasal yang ada, terdapat usulan pasal baru mengenai klub di PGSD berisi tentang garis koordinasi, hak dan kewajiban, sumber dana, pembentukan dan pembubaran klub yang sepakat masuk dalam ART Bab IX pasal 35-38.

AD/ART dapat diunduh di link berikut:

AD ART Hima PGSD FIP Unnes 2014

Pembahasan AD/ART selesai pukul 14.25 WIB dan dilanjutkan pembahasan 2 poin rekomendasi Kongres Keluarga Mahasiswa. Dua poin tersebut membahas keberadaan Dewan Perwakilan Mahasiswa tingkat jurusan dan klub Koperasi Mahasiswa (Kopma). Dalam pembahasan rekomendasi tersebut, KKMJ melaksanakan musyawarah untuk menentukan ketua umum, sekretaris umum, dan ketua komisi DPMJ PGSD 2014. Musyawarah tersebut menghasilkan keputusan yaitu, ketua umum DPMJ PGSD 2014 dijabat oleh Witri Sugiarto, Hesti Febrina Rizqi sebagai Sekretaris umum, dan Yoyok Eko P. sebagai ketua komisi. Di konfirmasi setelah pengambilan keputusan itu, Witri Sugiarto mengaku senang mendapat jabatan dalam Lembaga Kemahasiswaan baru tersebut dan berniat mengadakan koordinasi dengan DPM FIP di minggu pertama kegiatan kuliah, serta mengadakan open recruitment anggota komisi secepatnya. Keputusan rekomendasi kedua menyetujui adanya Kopma sebagai klub di Jurusan PGSD FIP Unnes.

Dengan adanya KKMJ PGSD, mahasiswa PGSD berharap kehidupan organisasi di Jurusan PGSD lebih sehat dan terbuka serta hasil kongres dapat dihormati dan dijalankan dengan sebaik-baiknya oleh seluruh pihak./HFR

0 komentar:

Posting Komentar