Senin, 17 Februari 2014

PGSD Kembali Mencetak Ratusan Pembina Pramuka

Filled under:

PGSD Kembali Mencetak Ratusan Pembina Pramuka

Ngaliyan-PGSD Universitas Negeri Semarang kembali mencetak ratusan Pembina Pramuka dengan terselenggaranya kegiatan Kursus Mahir Dasar (KMD).
Kegiatan yang terbagi menjadi 2 kloter itu dilaksanakan pada tanggal 3-9 Februari 2014 untuk kloter 1 dan 10-15 Februari 2014 untuk kloter 2.
Para peserta dibina oleh para pelatih yang tentunya sudah teruji dan berpengalaman serta bersemangat tinggi dalam berkontribusi untuk pramuka PGSD UNNES.
Adapun acaranya meliputi materi kepramukaan dari siaga hingga tingkat pembina yang dilaksanakan dari pagi hingga sore selama lima hari berturut-turut. Para peserta juga melakukan praktik upacara dari tingkat siaga hingga tingkat pandega.
Di ujung acara juga dilaksanakan outbond untuk melatih kemampuan dinamika kelompok para peserta. Dan malam harinya dilanjutkan dengan kegiatan api unggun. Dalam kegiatan api unggun disampaikan oleh Pelatih mengenai filosofi api, bahwa api merupakan suatu unsur alam yang bisa mematangkan sesuatu yang mentah. Begitulah yang diharapkan oleh para pelatih kepada para peserta calon pembina.
Dan di hari terakhir kegiatan (15/2) para peserta melakukan penjelajahan dari pos ke pos yang telah ditentukan oleh panitia. Kemudian disusul dengan pembongkaran tenda dan ditutup dengan upacara penutupan KMD.
Upacara penutupan dimulai pukul 10.30 yang dihadiri oleh Sekretaris Jurusan yaitu Fitria Dwi P. M, Pd. yang juga merupakan peserta KMD kloter 1. Dalam laporan kegiatan KMD oleh Pemimpin Kursus kepada Pembina Upacara, bahwa pada kloter I, ada 4 orang peserta dari 236 orang ditangguhkan kelulusannya. Sedangkan peserta KMD kloter 2 yang diikuti oleh lebih dari 200 peserta dinyatakan lulus 100%.


Jurnalistik PGSD


0 komentar:

Posting Komentar