Senin, 11 April 2016

KBM 2016 : "Abdikan, abdikan, abdikan! Sukses!"

Filled under:


Sabtu (9/4) sebanyak 316 mahasiswa PGSD Unnes mengikuti kegiatan Kemah Bakti Mandiri (KBM). Kegiatan tahunan yang diadakan oleh Sub Gugus Latih PGSD Unnes ini pada tahun ini dilaksanakan di Desa Limbangan, Kabupaten Kendal.
Sebelum pemberangkatan menuju bumi perkemahan, para peserta terlebih dahulu berkumpul di kampus PGSD untuk melakukan persiapan. Para peserta dan panitia berangkat menuju bumi perkemahan pukul 09.00 WIB dengan menggunakan enam buah truk. Penumpang telah dibagi sesuai kelompok masing-masing.

Sesampainya di bumi perkemahan, peserta langsung diintruksikan untuk mendirikan tenda dan dilanjutkan dengan Upacara Pembukaan. Bapak Isa Ansori selaku Pembina Upacara menyematkan tanda peserta KBM 2016 pada perwakilan yang telah ditunjuk dan secara serentak diikuti oleh peserta lainnya. Upacara tetap berlangsung sampai selesai meski saat itu tengah diguyur hujan. Kemudian peserta dipindahkan ke SMP 1 Limbangan dengan membawa barang-barang yang sekiranya penting. Di sana para peserta dibagi ke dalam kelas-kelas sesuai kelompok besar.

Kegiatan tetap berjalan sesuai jadwal meskipun hujan tidak kunjung reda. Setelah ishoma dan makan siang, kegiatan inti pun berlanjut. Diawali dengan kegiatan bina gudep pukul 12.30 WIB, diikuti lomba-lomba lain yaitu pionering, penanaman tanaman toga, dan lomba masak berbahan dasar jagung yang dimulai serentak pukul 13.00 WIB. Sorenya, pada pukul 16.00 WIB, para peserta tampak begitu antusias mengikuti permainan curutku bukan curutmu (fiutsal dengan menutup wajah) dan tarik tambang. Jika lomba yang pertama dilakukan di area SMP, maka permainan dilakukan di lapangan. Meskipun lapangan dalam kondisi becek, hal itu tidak menyurutkan semangat peserta untuk bermain dan memenangkan perlombaan.

Peserta mendapatkan waktu istirahat yang cukup sampai pukul 21.00 WIB, kemudian melanjutkan kegiatan di Lapangan Basket yaitu Upacara Api Unggun dan pentas seni. Semakin malam kegiatan bertambah semarak, tepuk tangan serta sorakan turut meramaikan kegiatan malam itu. Pentas Seni usai pukul 23.00 WIB, peserta kembali ke kelasnya untuk beristirahat.
Keesokan harinya pukul 06.00 WIB, para peserta mengikuti senam di lapangan utama, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan bakti sosial, bakti masayarakat, bersih tenda, dan bersih kelas. Serangkain kegiatan KBM 2016 tadi ditutup dengan upacara penutupan. Selanjutnya peserta berkemas dan kembali ke kampus PGSD Ngaliyan.

0 komentar:

Posting Komentar