Rabu, 21 November 2012

Perjuangan tanpa lelah dari pahlawan muda Untuk pendidikan Indonesia

Filled under:



    Selama ini hari pendidikan nasional tanggal 2 Mei hanya diperingati dengan upacara, senam atau jalan santai sebagai formalitas. Padahal diperlukan tindakan nyata dari para pemuda sebagai generasi muda untuk kemajuan pendidikan Indonesia. 
   Salah satu program untuk pendidikan di indonesia yaitu “Indonesia Mengajar” yang memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk menginspirasi anak-anak SD di daerah pedalaman. Para pengajar muda akan mengajar dengan penuh cinta kasih, memberikan motivasi dan semangat hidup kepada anak-anak di daerah pedalaman. Anak-anak itu tidak mengenal televisi, play station dan handphone. Karena tak ada listrik yang menerangi malam di daerah pedalaman. Para pengajar muda mencoba memberikan cahaya dalam kegelapan malam di daerah pedalaman dengan pendidikan. Para pengajar muda dengan tujuan pendidikan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, memberikan motivasi dan mengajak anak-anak pedalaman untuk berani bermimpi. “berawal dari mimpi sesutau yang besar dan hebat akan terjadi”.
     Perjuangan yang dilakukan para generasi muda untuk membantu anak-anak pedalaman tidaklah mudah, karena mereka harus meninggalkan keluarga dan kehidupan mereka yang nyaman untuk tinggal di daerah yang serba kekurangan dan penuh tantangan agar dapat bermanfaat bagi sesama. Mereka adalah pahlawan abad 20 yang tak pernah mengeluh. orang-orang seperti merekalah yang kelak akan memajukan pendidikan Indonesia. “bangsa yang besar adalah bangsa yang berpendidikan”. 
    Memperingati hari pendidikan nasional merupakan salah satu cara menghargai dan mengenang jasa Ki Hajar Dewantara sebagai bapak pendidikan nasional. Para pengajar muda meneruskan perjuangan bapak pendidikan nasional dengan membuktikkan bahwa pendidikan untuk semua, pendidikan tidak mengenal suku bangsa, agama dan status sosial. Karena setiap orang berhak mendapat pendidikan, sehingga dapat menolong dirinya sendiri dan secara mandiri menghadapi tantangan global di masa depan. Ironisnya, pejabat pemerintah yang berpidato tentang pentingnya pendidikan bagi kehidupan bangsa, hidup dengan nyaman tanpa melakukan tindakan untuk kemajuan pendidikan Indonesia. maka sebagai generasi muda harus menjadi pribadi yang bersemangat, optimis dan pentang menyerah. Karena pendidikan tidak hanya berisi pengetahuan, tetapi juga moral dan keterampilan. Dengan mengajar berarti kita telah ikut memajukan pendidikan Indonesia. karena kebangkitan pendidikan nasional tergantung dari generasi muda.

0 komentar:

Posting Komentar