Selasa, 16 Oktober 2012

Filled under:


Struktur organisasi PGSD
Ketua Jurusan : Dra. Hartati, M.Pd
Sekretaris Jurusan : Farid Ahmadi S.Kom, M.Kom
Kepala Laboratorium : Drs. Moch Ichsan, M.Pd
Kampus Semarang : Jl. Beringin Raya, No. 15 Wonosari, Ngaliyan, Semarang 50186
Kampus Tegal : Kampus Kemandungan, Jl. Kolonel Sugiono PO BOX 17 Tegal
SEJARAH PGSD
Unnes adalah salah satu LPTK yang ditugasi menyelenggarakan S-1 PGSD berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti nomor 3333/D/T/2006. Untuk memperkuat lembaga, Rektor Unnes sangat peduli untuk itu status PGSD ditingkatkan dari prodi menjadi jurusan dengan SK Nomor 34/O/2007, 26 Februari 2007.
Visi dan Misi PGSD Semarang
Visi: Menjadi lembaga penghasil guru SD yang profesional, kreatif, bermartabat, berakhlak mulia dan memiliki daya saing tinggi pada tingkat regional, nasional, dan global.
Misi:
Dalam mewujudkan Visi tersebut ditempuh melalui penetapan misi sebagai berikut:
1.Meningkatkan kualitas program pendidikan guru SD.
2.Menyelenggarakan pendidikan calon guru SD untuk menghasilkan lulusan yang profesional, kreatif, kompetitif, bermartabat, dan berakhlak mulia.
3.Melakukan perbaikan secara berkelanjutan untuk menjamin kualitas penyelenggaraan program dan kualitas lulusan sehingga mampu meningkatkan citra guru di masyarakat
4.Melaksanakan penelitian yang melibatkan dosen, mahasiswa dan guru SD (action research).
5.Melaksanakan pengabdian masyarakat yang beragam dan berkualitas.
Prodi D-2 PGSD telah berhasil mendapatkan hibah peralatan tahun 2005 dan melaksanakan program hibah dengan baik. Dampak dari hibah peralatan tersebut sangat positif terutama dalam hal peningkatan kemampuan merancang dan melaksanakan pembelajaran interakif, peningkatan penguasaan sistem teknologi, informasi, dan komunikasi, dan inventarisasi laboratorium. Mencermati pelaksanaan dan hasil hibah peralatan maka untuk melaksanakan pembelajaran yang interaktif, perlu ditindaklanjuti dengan program kegiatan lain yang dapat menjamin sustainabilitas kegiatan yang telah dilaksanakan. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka Prodi S-1  PGSD senantiasa memantapkan efisiensi penyelenggaraan pendidikan dan bertekad melaksanakan program-program peningkatan perkuliahan menjadi prioritas untuk dilaksanakan yang bermuara pada peningkatan kualitas lulusan yang tinggi dengan masa studi yang sesuai dengan kurikulum, memiliki daya saing yang tinggi di pasar kerja yang didukung oleh atmosfir akademik yang kondusif, dan manajemen internal yang semakin kondusif.
Arah pengembangan Prodi S-1 PGSD adalah menjadi pusat keunggulan dalam menghasilkan dan mengembangkan guru SD yang profesional di tingkat regional dan nasional. Sasaran yang ingin dicapai dalam jangka pendek adalah: melakukan evaluasi diri bidang pendataan secara komprehensif, melakukan tracer study, mapping data, mengembangkan program pendataan berbasis komputer, semlok, pengembangan kurikulum, penelitian tetang kualitas lulusan, menciptakan tim penerimaan mahasiswa baru yang profesional/multijurusan, menyusun instrumen kinerja dosen, melakukan evaluasi diri sebagai dosen, mendesain perkuliahan terpadu, mengembangkan perkuliahan dengan pendekatan pakem, mengembangkan laboratorium, mengembangkan perpustakaan, menerjunkan dosen ke SD, mengembangkan kemampuan tenaga administrasi, mengembangkan jaringan, mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bersama mahasiswa dan guru SD, mengirimkan dosen untuk magang di SD mitra, jurusan lain, dan di perguruan tinggi lain, restrukturisasi pengelolaan jurusan PGSD, lokakarya penyempurnaan Renstra jurusan, lokakarya mekanisme perwalian, lokakarya mekanisme penyusunan skripsi, need assessment, semiloka pembuatan manual sistem monitoring dan evaluasi perkuliahan, technical assistant, dan manajemen dan organisasi internal. Dalam program jangka panjang, sasaran yang ingin dicapai adalah penataan  sistem manajemen yang baik dan perbaikan akreditasi menjadi nilai A.
Mengingat program usulan dari Prodi S-1 PGSD sesuai dengan tujuan, strategi, dan prioritas pengembangan institusi dan saat ini prodi S-1 PGSD tidak sedang melaksanakan program hibah Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi serta tidak sedang mengusulkan Program Hibah Kompetisi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, maka Unnes memandang bahwa Prodi S-1 PGSD layak dan memenuhi syarat untuk diusulkan dalam Program PHK S-1 PGSD-B.
Sumber: 

0 komentar:

Posting Komentar